Altero: Apa dan Kenapa?

 

Welcome, my name is Altero.

Saya dulu sering tertukar antara nama blog dan nama domain. Rasanya sampai sekarang saya ini masih saja di tahap beginner blogger, nggak naik kelas. Saya lebih fokus pada nama domain, karena itu yang bisa dibagikan. Blog sebelumnya seingat saya malah tidak saya beri nama. Apalah arti sebuah nama?

Oh ternyata penting. Kalau kita mencari alamat seseorang, sudah dapat alamat pastinya dan yakin sudah benar pun, saat kita mengetuk pintu rumah, kita pasti akan menanyakan: Apa benar ini rumah Anu? atau Bisa bertemu dengan Anu? atau Anu nya ada? Oleh karena itu, mari kita ganti Anu dengan nama blog. Sebelum ia berarti lubang pembuangan karena ditambah akhiran s.

Altero, nama blog yang baru dibuat kurang dari seminggu yang lalu karena baru saja migrasi ke self-hosting. Sejatinya ini diambil dari nama instagram saya. Saya ambil dari bahasa latin, artinya lain. Maunya saya, blog ini menjadi perwujudan dari diri saya yang lain; yang lebih bebas, ringan, dan tidak banyak tuntutan. Tapi bukan berarti saya main-main :), saya mau mulai serius loh nge-blog, benar-benar serius untuk lebih bersantai… hehehe. Bisa dibilang, saya menganggap altero sebagai kata lain dari alternatif (agak maksa hihihi). Alternatif dari segala kekusutan saya di dunia nyata, supaya tetap kembali waras.

Ternyata bahasa Italia juga punya kosa kata altero, artinya agung. Wah jadi tambah semangat pakainya. Lah wong, nama itu saya masukin di akta kelahiran 3 anak saya, abadi itu sampai akhir hayat mereka, apalagi cuma sekedar nama blog. Tapi tidak ada cerita tentang orang yang punya nama itu di blog ini, karena beliau juga punya privasi. Mungkin hanya apa yang saya rasakan saat menjalani berbagai pengalaman bersama beliau, tidak langsung tentang beliau. Oh iya, sekelebat cerita tentang beliau ada di dua antologi saya: My Pregnancy Diary dan Tetes Kasih ASI.

Akan tetapi, kalau mengikuti artinya dalam bahasa Italia secara harfiah, blog ini sangat jauh dari itu, belum punya misi mulia (semoga suatu saat), tapi tidak mau juga menjadi sampah. Huhuhu, keberatan di nama, untuk nggak pakai aqiqah.

Kalau kamu? Arti nama blogmu apa?

 

 

 

 

 

 

2 pemikiran pada “Altero: Apa dan Kenapa?”

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap