produk kecantikan

Belanja Produk Kecantikan: Datang ke Toko atau Lewat Ponsel?

Semua perempuan pada dasarnya ingin cantik ya. Bagi perempuan yang punya  budget khusus untuk urusan kecantikan, pilah-pilih produk kecantikan sesuai dana yang ada kadang mengasyikkan, serupa main game. Bagaimana caranya mendapatkan produk sebanyak mungkin dengan harga yang seminim mungkin. Hehe, prinsip ekonomi yak. Kalau zaman dulu belanja produk kecantikan mesti datang ke toko atau gerai, sekarang bisa dari depan ponsel saja. Kira-kira apa pro dan kontra masing-masing? Ini saya bagi dari pengalaman saya ya:

Datang ke toko kosmetik

Toko fisik secara garis besar saya bagi menjadi 2 macam, toko/gerai resmi dan toko yang salah satu jualannya adalah kosmetik.  Perwakilan resmi suatu merek kosmetik bisa berupa toko/ gerai yang menjual hanya produknya saja, yang meskipun gerainya kecil biasanya ada pramuniaga khusus merek ini. Toko yang salah satu jualannya adalah kosmetik biasanya hanya menampilkan produk dalam rak tanpa ada Beauty Advisor (BA), misalnya kalo di Palembang seperti sejenis Indomaret, Guardian, Century, Linda Kosmetik, Target, untuk selanjutnya saya sebut sebagai toko serba ada (toserba).

Toko dan toserba

Saya lebih memilih pergi ke toko/gerai resmi daripada toserba. Alasan yang pertama adalah karena ada BA. Saya bisa tanya-tanya tentang produk dengan orang yang sudah terlatih dan bisa memberikan rekomendasi yang berbobot. Tidak jarang, apa yang saya rencanakan ingin beli malah berubah sesuai saran dari BA yang memang lebih cocok untuk saya. Alasan ke-dua adalah mengurangi belanja macam-macam. Kalau dalam satu sudut rak kecantikan ada berbagai macam produk dari produsen yang berbeda, terkadang pingin nyicip juga produk sebelah, tanpa ada rencana sebelumnya. Kalau memang saya datang ke suatu toko/gerai resmi, berarti emang sudah berniat lihat-lihat atau belanja di sana. Tapi kalau datang ke rak toserba, saya merasa terpapar tanpa sengaja, dan kadang-kadang bisa berlama-lama pegang kemasan produk, mumpung nggak ada BA ngintilin. Pegang-pegang terus eh ke kasir deh. Alasan ke-tiga, di toko/gerai resmi ada testernya. Ini penting banget kan ya, apalagi mau beli produk dekoratif, mesti oles lihat warna. Itu seringkali tidak tersedia di toserba. Kadang-kadang tersedia tapi nggak lengkap. Alasan ke-empat, sering ada diskon khusus toko/gerai resmi, dan kadang-kadang berupa promo hadiah. Meskipun di toserba bisa jadi ada diskon juga, tapi nggak puas karena kadang cuma satu jenis produk saja.

Toko langganan

Toko/gerai yang seringkali saya mampir untuk beli kosmetik diantaranya The Body Shop, Sariayu, Make Over, dan Wardah. Sebagian besar lokal punya loh! Nah kalau di toserba, saya pernah beli produk Maybelline, yang tidak perlu oles-oles. Biasanya berupa produk kecantikan mata. Saya juga pernah beli Purbasari di Guardian, ini karena ada diskon saja ya, biasanya per dua minggu ada diskon, kalau cocok produknya cuzz aja ke situ biasanya bisa sampai hampir setengah harga loh. Nah kalau Century, saya sudah jarang ke sana, soalnya jarang diskon, walau kalau pakai kartu member bisa diskon semua produk sekian persen, saya malas bawa kartu yang mesti dipindai. Kalau ke toko kosmetik khusus seperti Linda atau Target saya malas karena ramai sekali, walau harga bisa lebih murah (bukan diskon).

Pro dan kontra

Hal yang paling menyenangkan datang ke toko adalah kalau bisa tes produk. Nah yang agak nggak sreg belanja di toko atau toserba adalah, mesti keluar ongkos. Kalau nggak sekalian memang ada tujuan ke tempat lain, agak mikir-mikir juga ya sekedar mampir untuk beli produk kosmetik. Mesti ada usaha, setidaknya pakai baju pergi, butuh tenaga kan. Eh capek keliling pilih-pilih abis itu keluar duit buat jajan makanan. Hehe

Belanja lewat ponsel

Belanja lewat ponsel yang saya maksudkan adalah belanja daring. Urusan tempat belanja daring, saya mengkategorikan istilahnya menjadi empat tempat: laman produk resmi, toko daring produk resmi, toko daring khusus produk kecantikan, dan toko daring lepas.

Laman produk resmi yang saya maksudkan adalah laman khusus yang menjual satu merek/ produk dari satu pabrik, misalnya The Body Shop, Martha Tilaar, dan sebagainya. Biasanya ada diskon khusus di laman resmi. Produknya terjamin keasliannya.

Toko daring produk resmi adalah toko resmi produk kecantikan di pasar daring, seperti Shopee, Tokped, Lazada, dan sebagainya. Bisa jadi ada diskon khusus toko, tapi tidak ada promo hadiah kecuali dalam bentuk bundle dengan produk. Produk terjamin keasliannya.

Toko daring khusus produk kecantikan misalnya seperti Sociolla, Sephora, Tammia. Nah ini ada kumpulan berbagai merek produk, namun terjamin keasliannya. Ini mirip seperti toko/gerai di dunia nyata. Lumayan bikin kalap kalau nggak kuat. Nah, ada juga toko khusus produk kecantikan yang sudah terkenal di dunia nyata, punya juga toko di pasar daring. Misalnya Dandan Store yang ada di Shopee. Itu saya masukkan dalam kategori ini.

Toko daring lepas, ya macam penjual yang bertebaran di pasar daring. Mungkin reseller, atau beli pas diskonan dan jual dengan harga lebih murah dari harga normal. Menurut saya lebih riskan untuk keaslian barangnya, analisis review mungkin bisa membantu memilih toko yang aman.

Toko daring langganan

Untuk laman produk resmi, saya biasanya melipir ke The Body shop. Walaupun diskonnya mungkin sama dengan toko fisik, terkadang suka ada promo khusus online. Bisa gratis ongkir untuk pembelian jumlah tertentu.

Kalau toko daring produk resmi, saya bisa mampir kemana saja, selama emang butuh dan ada diskon, karena saya yakin barangnya asli. Kadang-kadang ada diskon dari pasar daringnya, pernah beli di Shopee atau Lazada. Favorit saya sih di Shopee. Kalau di tempat lain saya agak kurang sreg dengan tampilannya, agak kurang enak di mata saya. Lebih enaknya kalau di shopee banyak promo sih, gratis ongkir lagi.

Sociolla adalah toko daring khusus produk kecantikan yang baru-baru ini saya gandrungi. Soalnya bulan Maret ini dia ulang tahun, jadi banyak banget produk diskon dan gratis ongkir! Diskonnya itu bisa sampai 60%, terus ada flash sale yang lebih buat murah lagi. Asli barangnya, nyampe paketnya cepat, paketnya dibungkus pakai kotak cantik, dan di dalamnya terlindung buble wrap. Sumpah menang banyak bulan maret ini, rasanya saya mau jual lagi aja produk diskonannya, tapi mau pakai sendiri, hahhahha labil. Minggu ini diskon gede yang ini, minggu depan diskon yang itu, semuanya bagus. Semoga bisa sering ada promo gratis ongkir.

Toko daring lepas di Shopee biasanya saya dapat dari rekomendasi otomatis di bawahnya, saat saya cari-cari produk di toko daring produk resmi. Ini mesti pinter milih ya, karena yang paling ditakutkan adalah produk palsu. Harganya sih kadang bisa dapat yang lebih murah dari toko resmi. Tapi mesti rajin-rajin baca review. Saya sih nggak langganan di sini ya, situasional saja, soalnya rada takut. Saya pernah beli produk Focallure, meskipun asli, barangnya ternyata ada yg kurang. Malas saya urus pengembaliannya, saran sih kalau belanja daring, selalu buat video unboxing, jaga-jaga produk kurang atau rusak.

Pro dan kontra

Enaknya belanja lewat ponsel, bisa sambil tiduran, sambil pakai daster, sambil makan di rumah nggak usah keluar duit banyak buat jajan. Ongkos relatif ya, pilih aja yang gratis ongkir, lumayan banget. Nggak enaknya adalah kita nggak bisa coba langsung produknya, mungkin bisa disiasati dengan rajin baca review di blog atau nonton vlog dari youtuber yang me-review produk tersebut. belanja daring juga ada risiko produk yang dikirim kurang jumlahnya, pecah, atau palsu. Untuk mensiasatinya bisa buat video buka paket untuk bukti komplain serta beli produk dari toko daring terpercaya.

Nah kalau kamu lebih pilih mana? Belanja ke toko fisik atau daring?

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2019

2 pemikiran pada “Belanja Produk Kecantikan: Datang ke Toko atau Lewat Ponsel?”

  1. Kalau saya masih belum bisa milih antara toko atau online, sih Mbak. Soalnya, kaya Mbak, ada barang-barang yang emang harus beli di toko. Sisanya, perlu beli online karena nggak ada tokonya.
    Kalau soal body care biasanya saja belanja di tokonya The Body Shop. Kalau skin care dan make up seringnya online. Timbal baliknya, kudu rajin baca review sebelum beli online siiih…

    Balas
    • Saya malah jadi kerja double, offline coba-coba warna, tapi belinya online kalo harganya lebih murah hehehe. Sekarang saya rajin pantengin diskon Guardian karena tiap 2 minggu sekali ganti promo, dan promo rutin dia yang tambah Rp 1000 dapat 2 pcs itu paling murah untuk offline. Kalo sociolla, tergantung merek, misalnya: Make over diskon 40% udah murah banget, mineral botanica pernah 60%, kuas ecotools pernah 48%, lama-lama hapal hehehe. Kalau lagi ada promo gratis ongkir, sikattt..

      Balas

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap