Kerja Jadi Blogger?

Mungkin pernah terdengar kisah sukses seseorang yang awalnya adalah blogger, baik kesuksesan dalam bidang penulisan atau di bidang lain yang diawali dari hobi nulis blog. Kadang saya ada rasa ingin juga ya, jadi blogger profesional. Tetapi pada akhirnya hanya keinginan di hati saja. Kenapa kira-kira?

 

Tekun

Menjadi profesional di bidang apapun, tiada lain rumusnya adalah tekun. Menekuni suatu bidang merupakan awal menuju kesuksesan. Perlu rencana yang baik di awal, strategi istilahnya. Apa tujuannya, bagaimana mencapainya, pasang target waktu, mesti dipikirkan dengan baik. Seperti halnya seorang blogger, awal ketekunan bisa dilihat dari kekhususan tema yang diusung. Lah kalau random macam rumah saya ini, kapan mau jadi pro? Langkah kedua adalah rutin menulis, artinya mesti siapkan draft, mau posting apa dalam bulan ini. Entah berapa kali sebulan, yang penting patuh jadwal. Nah kalau macam saya yang bisanya nulis tiap hari kalau ada challenge saja, gimana bisa jadi pro? Hehehhe.

 

Fokus

Kalau tiap hari bisa fokus hanya untuk mengisi blog, tentunya konten lebih bernas. Punya banyak waktu untuk riset, tidak cuma nulis blog curhat macam saya ini, hehehe. Ada yang bisa menghasilkan uang dari blog. Makin kencang usahanya jadi pro kalau blog adalah sumber utama penghasilannya. Atau mungkin, ada yang mengundurkan diri dari pekerjaan utamanya karena penghasilan blogger lebih menjanjikan?

 

Goal

Balik ke tujuan akhir, apakah uang? Apakah ada passion untuk menulis? Atau ada tujuan lain, misalnya sebagai sarana edukasi sesuai bidang ilmu yang dimiliki. Sah-sah saja berbeda. Kalau mau diseriusin, mungkin tujuan yang terakhir yang paling cocok sebagai alasan saya jadi blogger profesional. Yah, mungkin mental pegawai negeri ya, masalah duit dicukup-cukupin aja hehehe. Nah, kalau dibilang passion, nggak cocok juga, karena passion dikalahkan oleh bocah. Yak, sekarang passion saya adalah segala sesuatu tentang mereka, apa boleh buat.

 

Kesimpulannya: saya jadi blogger full time? Highly Unlikely. Blogger part time? I’m still trying. Semangat!!

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2018

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap