Kapan Terakhir Kali Membersihkan Kulkas?

Era #dirumahaja semakin membuat semangat menyimpan makanan di kulkas. Sekali belanja agak banyak, biar tidak sering ke pasar. Pagi ini, setelah 2 minggu kerja di rumah, saya baru sempat membersihkan kulkas. Kulkas mulai kosong, jadi sebelum diisi barang baru, mesti dibersihkan dari sisa produk lama.

Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan kulkas?

Kulkas harus dibersihkan secara berkala. Maksimal seminggu sekali, setiap kali ada tumpahan produk, ataupun saat ada makanan yang harus dibuang dari dalam kulkas karena busuk. Dapat terjadi kontaminasi dari makanan yang kita simpan dengan cara yang kurang baik ke makanan yang lain. Terkadang makanan yang kita simpan pada kondisi awalnya sudah tidak baik sebelum disimpan.

Saat yang paling tepat untuk membersihkan kulkas adalah ketika isinya sudah mulai ‘sepi’.

Baca juga: pekerjaan ibu, antara dapur, sumur, dan kasur

Tantangan saat mulai bersih-bersih

Subuh tadi kegiatan membersihkan kulkas dieksekusi. Dimulai dari mengeluarkan isi kulkas. Lanjut kemudian melepaskan piranti-pirantinya. Setelah terbuka semuanya, barulah terlihat seperti ada bekas tumpahan minyak dan tumpahan sayur kering.

Biasanya, saya selalu pakai wadah untuk meletakkan makanan di dalam kulkas. Kenapa masih ada yang tumpah begini, ya? Ya udah, daripada ngomel-ngomel nggak jelas mending saya teruskan saja kerjaan ini.

Baru saja mau meneruskan membuka rak di pintu kulkasnya, terdengar suara Si Bungsu menangis dari dalam kamar. Yahhhh, inilah kenapa kalau saya kerja pasti lama. Dia mesti menyusu dulu, lama banget. Tahu aja kalau ibunya sedang sibuk, pasti ikutan sibuk. Untung ada suami yang bantuin angkat rak di pintu kulkas sebelum beliau kerja. Setidaknya saya tinggal bersihkan rangka dalamnya.

Membersihkan kulkas, bikin kulkas tetap fresh

Seluruh rak dicuci dengan sabun dan di keringkan. Bagian dalam kulkas saya seka dengan air sabun, lalu saya sapu lagi dengan kain basah. Terakhir saya keringkan kembali dengan kain kering.

Buah-buahan saya susun di kabinet paling bawah, sesuai dengan gambar di rak kulkasnya. Di atasnya kembali buah-buahan lagi. Emang banyak beli buah sih, hasil borong online dari Gerobak Buah Sofiyah.

Di atasnya lagi tempat sayuran, semuanya pakai wadah. Selanjutnya di atasnya lagi rombongan tahu, tempe, dan makanan tinggal goreng seperti ayam ungkep dan stok pempek. Semuanya dalam wadah tertutup.

Inginnya saya mengikuti petunjuk penyimpanan masing-masing bahan makanan seperti yang saya baca di banyak artikel. Tapi ya selama masih musim darurat begini ya apa adanya dulu saja. Menurutku terlalu penuh hahaha, namanya juga stok makanan :). Semoga segera bisa aman untuk sering-sering ke pasar lagi.

Membersihkan kulkas
maafkan kulkas yang masih kepenuhan

45 pemikiran pada “Kapan Terakhir Kali Membersihkan Kulkas?”

  1. Katanya jadi Ibu itu kan nggak bolek stres ya, Buk.
    Kunciku bahagia salah satunya melihat kulkas rapi dan bahan makanan sudah siap jadi potongan tinggal masukkan. Akhirnya, kapan lalu aku juga beli tepak banyak gitu. Intie biar kulkas rapi. Kalau rapi jadi bahagia. Kalau bahagia anak juga ikut bahagia. hehe

    Balas
  2. Membersihkan kulkas tuh memang harus diagendakan ya mba, jangan sampai deh kulkas jadi sarang kuman yang akhirnya bisa mengundang penyakit.

    Balas
  3. Kemarin saya baru membersihkan kulkas kecil, jenis freezer, berhubung sudah akan masuk musim panas, musim dimana makanan dan bahan makanan akan cepat sekali kadaluarsa karena suhu yang panas dan kelembaban yang tinggi. Saya setuju dengan Bunda. Kulkas yang bersih, maka makanan yang tersimpan akan lebih aman dan sehat pula.

    Balas
  4. Wah saya ini termasuk orang yang tidak rajin membersihkan kulkas. Bahkan bisa satu bulan lebih kulkas baru saya bersihkan. Habis baca artikel ini saya jadi ingat untuk membersihkan kulkas. Sepertinya saya ini harus buat jadwal ini biar rajin bersihin kulkas. Karena bener banget, kulkas yang bersih bikin fresh selain itu hatipun jadi senang kalau kulkasnya bersih dan rapi.

    Balas
  5. Lemari pendingin harus rajin dibersihkan ya, karena dipakai untuk menyimpan makanan. Setelah dibersihkan, aku juga biasanya menyimpan semacam karbon aktif merk binatang berbelalai panjang di dalam kulkas. Untuk mengurangi bau tak sedap yang sering timbul.

    Kulkas yang bersih, selain sedap dipandang, aman untuk menyimpan stok makanan keluarga.

    Balas
  6. Jadi saya tuh kalau bersihkan kulkas harus bener-bener dalam posisi PW alias posisi wuenak. dan ga bisa diganggu oleh kegiatan lainnya. kan duduknya di lantai pastinya. Udah gitu harus ada tempat sampah, koran dan alat semprot isi air gitu. Ribet sih tapi kalau sudah bersih rasanya puas banget.

    Balas
  7. Hiks.. Saya termasuk yang malas bersihkan kulkas tapi suami rajin. Meski nanti yang bagian cuci-cuci tetap saya juga

    Balas
  8. Duh… ketabok nih saya baca tulisan ini, hehe. Saya kayaknya enggak pernah bersihin kulkas,wkwkwk. Dibersihkan kalau ada tumpahan saja. Paling seminggu sekali saya keluarkan bahan makanan yang sudah enggak bisa digunakan.

    Balas
  9. Mbak tau aja ini kulkas saya juga kapan ya terakhir dibersihkan, kalau beli sayur langsung masuk aja ke kulkas. Padahal kan pengin ala² foodprep gitu, tapi apa daya dengan 3 bocil saya memang agak lemot ni mbak untuk membersihkan kulkas. Etapi, setelah baca tulisan ini sepertinya semangat saya berkobar deh. Fix! Besok weekend kudu bebersih kulkas‍♀️

    Balas
  10. Kulkas bersih itu selain agar kulkas nggak jadi sarang kuman juga biar enak dipandang. Nggak malu2in kalau saudara berkunjung ke rumah, trus buka kulkas kita

    Balas
  11. saya biasanya bersihin kulkas kalau biang es di frezeer sudah mengganggu, baru deh sekalian bersihin kulkas hehe. iya bener juga nunggu isi penghuni kulkas sepi, haha. biar lebih gampang bersihinnya. makasih ya mba sharingnya.

    Balas
  12. Seingat saya terakhir bersihin kulkas itu sebulan yang lalu mba ribet karena anak-anak yg masih kecil juga sih (ngeles)

    Sebenernya, karena saya jrg masak jadi kalo nyetok sayur sayur suka sampe layu dan rusak karena sering kelupaan jadi biasanya saya langsung beli ke warung sayur, trus rak buah sm sayur di kulkas saya alihkan fungsinya buat narok, sembako hihihi.. (biar gak di gigit tikus), maklum mba gak punya lemari

    Balas
  13. Kami jarang pake kulkas. Paling pas bulan puasa. Memang salah satu hal yang sering diabaikan adalah bersih2 kulkas. Gak bau soalnya. Kadang gak kelihatan kotornya. Malah kalau saljunya tebal, cuma nyairin saljunya aja trus colok lagi. Tak patut dicontoh haaa

    Balas
  14. Dulu waktu masih di rumah sendiri setidaknya bersih-bersih kulkas sebulan sekali. Hahaha males banget yaaa. Soalnya selalu penuh stok bahan makanan dan makanan. Jadi nunggu sepi dulu baru dicuci kulkasnya.

    Balas
  15. Terakhir kapan ya bersihin kulkas??? wkwkwkk… lupa n sdh bertahun2 kyknya tidak melakukan kegiatan ini. Kalau di kosan, kulkasnya kan umum jadi yang selalu bersihin bapak/ibu kosan. paling mereka nanya mba ini sayuran kamu sdh busuk nih, trus sy jawab “oh iya ya sy lupa nyimpen itu di kulkas hehehe buang saja bu”

    Balas
  16. Mba rapi banget nih.. Aku kemaren bersihin kulkas pake jasa bersihin akhirnya karena nyerah ada bekas kecap tumpah dan beku mengerti di sana. Lumayan harganya, haha. Makanya sekarang aku jaga banget kebersihan kulkas biar next bersihin sendiri aje heheehe

    Balas
  17. Aku biasanya gak bersihin total sih, tapi per rak. Misal hari ini paling atas, barangnya taruh di rak bawahnya. Gitu terus tiap hari. Jadi kalau ada yg kotor lgs lap-lap, keringkan. Beda kalau kulkas lg kosong, itu lgs tak bersihin total.

    Balas

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap