Lima Tips Hidup Sehat (Menurut Saya)

No, jangan harap saya memberikan resep obat dalam tips kali ini. Ini adalah tips sederhana yang terinspirasi dari para pasien yang berobat, dan saya terapkan sendiri. Mungkin sudah sering didengar, tapi tidak diterapkan. Kalau digali-gali lagi, banyak keluhan pasien berawal dari pikiran yang ruwet, hidup tidak aktif, dan kurang istirahat. Lalu,  bagaimana cara mengatasinya agar tetap sehat?

Hindari stres berkepanjangan

Namanya hidup, ya pasti ada tekanan. Pasti ada yang bikin mumet. Stres berkepanjangan itu berbahaya, buatlah menjadi pendek-pendek. Gimana caranya? Uraikan. Ada satu masalah: uraikan apa yang kamu rasakan, sedih/kecewa/marah/dsb. Lalu telusuri apa sebabnya. Cari tahu bagaimana cara membuat perasaanmu lebih baik: curhat, menangis, menjauh, dsb. Lalu selesaikan dan jangan digabung dengan masalah lain. Setelah selesai satu masalah, baru beranjak pada masalah yang lain. Penggabungan masalah, dan pemendaman sekian lama -karena tidak dikeluarkan, setidaknya pada diri sendiri-, akan membuatnya meledak suatu waktu. Segala lonjakan yang terjadi tiba-tiba pada tubuh itu tidak baik. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, selesaikan pelan-pelan.

Kadang-kadang, bisa jadi masalah itu bukan berasal dari luar, tapi dari diri kita sendiri. Iri, dengki, sebel, cuma kita yang bisa menghilangkannya. Tarik napas, ingat semua hanya titipan, apa yang membuat kita iri. Rezeki sudah ada yang atur, kenapa kita ragu. Terima kenyataan, bersyukur, ambil hikmahnya. Pernah marah? Bagaimana detak jantung, cepat bukan? Bagaimana kepala, sakit bukan? Bagaimana seandainya itu terjadi terus-menerus, kesehatan terganggu, bukan? Kalau rasa nafsu dunia menggebu-gebu, ingat mati. Kalau rasa malas menerpa, anggaplah masih hidup seribu tahun lagi.

Istirahat yang cukup

Kalau kita sudah bisa memanajemen stres, istirahat kita bisa berkualitas. Untuk yang bekerja, selesaikan pekerjaan di kantor. Beri target waktu bila meneruskan pekerjaan di rumah, dan kerjakan dengan fokus. Lagi kerja, tiba-tiba dengar suara liga sepakbola di TV, kerjaan dan tidur jadi bablas. Lagi ngerjain tugas kuliah, ada denting notifikasi medsos, nggak akan kelar-kelar. Menjelang tidur, jangan makan terlalu kenyang, dan jangan pula sampai kelaparan, keduanya merusak ritme. Bila saatnya tidur, siapkan tempat tidur senyaman mungkin, matikan lampu, matikan notifikasi handphone. Atur pendingin, sering kali ada yang terbangun tengah malam karena AC terlalu dingin. Sehingga kalau sudah terbangun, ya sudah susah tidur lagi.

Hindari rokok

Sudah jelas ya kenapa mesti menghindari ini, peringatan ada di bungkus rokoknya. Ada seseorang yang bertanya kepada saya, apa yang harus dimakan supaya dia tetap sehat karena dia adalah perokok yang tidak mau menghentikan kebiasaan rokoknya. I have no idea, saya bilang. Saya mau bilang berhenti merokok, tapi nggak nyambung sama pertanyaannya. Mungkin para penjual suplemen bisa jualan ke orang-orang semacam ini, bilang saja seperti yang dia mau, maka Anda akan sukses! Bagi para perokok, silahkan dinikmati sendiri dengan tidak mengganggu kebebsan menghirup udara segar bagi orang lain. Orang lain juga berhak untuk sehat, setuju?

Diet yang seimbang

Makan makanan yang tersedia, makan dengan bahagia. Intinya, makan dengan rasa syukur. Makan secukupnya, jangan berlebihan. Mengambil porsi berlebihan di piring memaksa kita untuk menghabiskannya. Makanlah sebelum lapar, kalau kelaparan kita pasti kalap menyantap makanan. Makan sedikit tapi sering lebih baik, daripada makan terlampau banyak dalam sekali waktu. Minum air yang cukup, pilih yang tidak berwarna, dan tidak mengandung gas. Perbanyak makan sayur dan buah untuk memperlancar pencernaan. Pencernaan yang tidak sehat akan menyebabkan gangguan kesehatan lain.

Be active

Gerakkan badanmu, jangan duduk terlalu lama. Parkir rada jauhan, jalan. Jangan langsung lari kalau tidak biasa, jalan dulu. Usia tidak muda lagi? Jalan saja. Kelebihan berat badan? Jalan boleh. Jangan paksa olahraga terlalu keras kalau sebelumnya tidak pernah olahraga. Pemanasan, pelan-pelan. Semakin lama semakin ditingkatkan. Boleh konsultasi dengan personal trainer kalau ada dana lebih. Kalau dana terbatas, bisa beli kuota dan nonton trainer di Youtube. Ayo semangat berkeringat!

Tips yang biasa ya? Iya sih. Tapi hayo ngaku, mana yang susah kamu terapkan?

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap