Cara Mempercepat Blog (Versi Amatir)-Catatan Blogger 3

Gara-gara menyimak obrolan di grup tentang skor kecepatan blog, saya jadi penasaran dengan cara mempercepat blog. Kenapa sih blog harus cepat? Bagaimana sih caranya. Terngiang-ngiang terus di kepala saya. Akhirnya saya coba-coba sendiri. Berbekal bantuan teman-teman di grup yang sudah master, dan wejangan Mbah Google, saya berhasil mempercepat blog. Ini dia cerita dari saya yang amatir, yang artinya Anda yang pemula pasti bisa coba juga.

Pentingnya mempercepat blog

Kecepatan blog itu penting untuk SEO (search engine optimization). Kalau loading situs kita lambat, pengunjung akan segera keluar dari situs. Kalaupun akhirnya artikel dibaca, pembaca juga akan malas untuk klik tautan atau artikel lain dan membuat bounce rate kita menjadi tinggi. Hasil riset Google menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung akan meninggalkan situs kita bila waktu loading lebih dari 3 detik. Nah, ini adalah salah satu hal yang memperburuk kualitas SEO.

Lalu apa keuntungannya bila kualitas SEO kita bagus? Kalau situs kita bisa muncul di page 1 pencarian google, maka pengunjung makin banyak datang. Kalau situs kita digunakan untuk berdagang, berarti makin banyak yang menjadi calon pembeli. Kalau kita ikut lomba blog yang mengedepankan SEO, berarti kemungkinan menang besar. Kalau kita membuat konten yang berguna bagi orang banyak, maka makin banyak orang baca artikel kita. Begitulah kira-kira secara sederhana.

Bagaimana mengukur kecepatan blog

Kita bisa memeriksa kecepatan blog dengan cara memasukkan link domain kita ke situs Pagespeed. Sebenarnya ada juga situs untuk mengukur kecepatan blog dengan indikator yang lain, tapi karena nilai di Pagespeed sadis, saya pakai patokan ini. Saat itu saya mencoba memeriksa juga blog saya yang lain, yaitu makanmu.com. saya pikir artikelnya masih sedikit dan lebih cepat memantau hasilnya kalau saya otak atik.

Karena sebagian besar pembaca mengakses blog menggunakan ponsel, jadi angka di dekstop bisa diabaikan. Ternyata, hasil di awal, skor blog ini hanya 12, sedangkan skor makanmu.com hanya 54. Nggak bisa tidur. Kenapa orang bisa 90, saya cuma segitu. Apa sih, yang mesti dilakukan?

Solusi mempercepat blog

Setelah bertanya sana-sini, akhirnya saya buat list solusi, agar tahu mulai dari mana saya harus bekerja. BTW, semua saya kerjakan dari ponsel. Berikut urutan yang saya kerjakan:

Rampingkan tampilan

Katanya, tampilan blog yang ramping akan mempercepat blog. Rampingkan segala bar, footer, header, dari foto yang berukuran besar dan tautan hidup. Setelah dilakukan, ada perubahan. Tapi sedikit.

Kompres foto

Bila ingin tetap menggunakan foto, bisa lakukan kompres foto.
Cara ke 1: bila pakai WP, skalanya dikecilkan (tapi gambarnya ternyata jadi ikut kecil.)
Cara ke 2: kecilkan dengan aplikasi di luar, saya pakai Lite pro. Ada yang pakai tinyjpg.com atau tinypng.com untuk kompresi gambar dengan tetap mempertahankan warna. Tapi saya lebih nyaman pakai aplikasi yang terinstal di hp
Cara ke 3: capek ternyata mesti ganti foto satu-satu, akhirnya pakai plugin Smush. Ternyata lumayan meringankan. Prosesnya memang makan waktu, apalagi kalau fotonya banyak. Selain itu, karena yang saya pakai versi gratisan, maka sekali proses hanya bisa mengurangi ukuran 50 foto. Jadi klik resume untuk memulai proses pada 50 foto selanjutnya.

Bluk smush untuk mempercepat blog
Bulk smush

Kurangi plugin

Pada blog ini saya banyak menghapus plugin, kecepatan naik 12 poin. Pada blog makanmu.com karena hanya sepuluh plugin dasar yang saya pakai, tidak ada yang saya hapus. Lumayan rasanya, agak plog di blog. Tapi sayanya sesak, saya butuh macam-macam aksesoris. Hiks. Kebetulan saya baca cerita dari Mbak Wiwin yang menghapus beberapa plugin dari blognya, hasilnya memang melesatkan kecepatan. Ternyata plugin yang Beliau sebutkan serupa dengan yang saya punya. Berarti kalau memang mau makin cepat, saya harus merelakan plugin itu dihapus. Tapi pada akhirnya saya tetap mempertahankannya. Saya coba cara lain dulu.

Ganti theme

Ini cara terakhir yang saya lakukan karena mandeg, skor makanmu.com tidak mau naik lagi dari 69. Akhirnya saya ganti theme, pakai Generatepress, yang katanya ringan. Eh, berhasil, berhasil, berhasil, hore! *loncat-loncat kayak Dora The Explorer. Nilai makanmu.com 97! Bagaimana dengan blog yang ini? Mandeg…mandeg ….

Pasang plugin untuk mempercepat blog

Sebelumnya di blog ini sudah terpasang plugin AMP dan Litespeed Cache. Tapi skor tidak bergerak. Katanya, ya udah, beli tema premium saja, dijamin cepat. Sudah sempat nanya-nanya yang premium. Tapi salah satu teman ada yang bilang, kalau beliau pakai yang gratisan, setelah atur-atur sendiri kecepatannya bisa naik. Jadi penasaran lagi kan, berarti bisa aja masih pakai yang gratisan.

Setelah cari-cari lagi, akhirnya saya pasang plugin Autoptimize. Dan, boom!!! Skor langsung naik signifikan, meski belum hijau. Tapi saya melihat secercah harapan. Terus saya bingung-bingung kan, apalagi yang harus diubah. Akhirnya saya coba klik lagi satu-satu plugin yang ada, apa ada yang belum saya atur. Ternyata ada: image autoptimize belum saya centang. Duarrrrr!!! Skor 90, borderline, tapi setidaknya hijau.

Berhasil! Alhamdulillah teman-teman, terima kasih semuanya yang sudah membantu. Maaf jika tidak bisa disebutkan satu-satu namanya, karena begitu banyaknya teman BW Asyik yang turun tangan.

Kalau teman-teman sekarang cek blog saya, skor pasti sudah berubah, karena saya ada coba-coba pengaturan yang lain. Saya belum mau ikut lomba SEO (mungkin juga tidak, hehehe), dan saya pada dasarnya memang mudah penasaran. Jadi, saya santuy aja.

Untuk yang mau coba tapi takut nanti ada tampilan yang berubah dari blog, bisa back up dulu pengaturan blognya. Caranya saya tidak tahu, soalnya tidak pernah back up. Saya oprek blog dengan coba-coba saja, diingat, terus diulang. Bagian ini jangan ditiru, hehehe.

biarkaaaaaanlah saja duluu

blog saaaya berantakan

merekaaaa pun pernah hijaaaau

Peernaah hiijaaaaau

(pelesetan Pernah Muda by BCL)
Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2020

68 pemikiran pada “Cara Mempercepat Blog (Versi Amatir)-Catatan Blogger 3”

  1. Gabung di grup bw Asyik itu banyak banget ilmu yang bisa didapat, salah satunya ini. Cara untuk mempercepat tampilan blog. Berguna banget buat blogger newbie kayak aku gini.

    Balas
  2. Salut dengan semangatnya Mbak Amel…semua pernah jadi pemula ya Mbak. Yang utama tetap semangat untuk mencoba dan cari solusinya, sehingga kita akan lebih baik lagi dari hari ke hari termasuk saat ngeblog ini. Thanks tipsnya , btw///

    Balas
  3. ternyata semua ada resikonya. blog yg tadinya full aksesoris jadi simpel. tapi yg penting speednya joss….
    sebenarnya saya sedang galau juga, blog saya speednya masih merah merona. tapi sabar dulu.. nunggu waktu yg tepat he he ….

    Balas
  4. Hebat semangat bu dokterrr….aku blogspot euy seneng bgt klo.ada plugin yg bs kompres foto tanpa ubah 1 1. Pake apa ya blogspot huhu klo foto yg udh ada di postingan terlanjur besar

    Balas
  5. ternyata semua ada resikonya. blog yg tadinya full aksesoris jadi simpel. tapi yg penting speednya joss….
    sebenarnya saya sedang galau juga, blog saya speednya masih merah merona. tapi sabar dulu.. nunggu waktu yg tepat. hiks!

    Balas
  6. Makasih tipsnya
    Secara blogs saya baru
    Kadang unt foto ini yg susah, kl di kecilin size or kompress foto kd ga bgs lagi hehe
    Tapi akan saya coba deh

    Balas
  7. Hahahah akhirnya hijau juga ya keren dehh oprek sendiri, aku mau kompres foto juga nie blm2 biar komposisi hijaunya besar haha. Masih takut pakai smush takut terjadi sesuatu nanti lah kalau udah longgar Deadlinenya wkwkwk sok2 sibuk banyak Deadline aku tuh.

    Balas
  8. Keren nih kak berani Oprek blog..apalah aku nih yg cuma bisa ngandelin kang it..takut bet jd berantakan blognya..wkwk makasih ya tak save nih artikelnya..

    Balas
  9. Weweeww. Ini yang jadi masalah blogku apalagi blognya miskin isi. Hahhha.
    Makasih Bu dokter dari postingan ini aku bisa terbantu dan semangat nulis konten. Insyaallah

    Balas
  10. Informatif banget nih tentang kecepatan blognya. Nah,tadi baru aja ada yang kesulitan buka blog saya. Beberapa teman memang bilang itu salah satunya pengaruh dari foto. Ternyata setelah baca disini bener memang foto juga harus dikompres banget biar gak buat berat loading yah.

    Balas
  11. Wah aku juga PR banget ni soal blog speed hehehe.. udah ganti theme premium tetep aja Lola alias loadingnya lama hihihi.. yowes woles aj. Aku gak punya cukup energi untuk utak atik lagi soalnya. Eniwe makasih ya sharingnya mba

    Balas
  12. Mempercepat blog memang merupakan salah satu cara agar blog lebih optimal. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah ngecek kecepatan blogku dan hasilnya lumayan, lah.

    Balas
  13. KAlau pakai WP enak, ya, Jadi iri, saya, Hiks.. BIsa langsung drastis speed-nya.

    Tapi memang harus rela memangkas banyak aksesoris. Saya juga akan merasa agak sayang dan galau memutuskan kcepatan atau visual blog.

    Balas
  14. zaman sekarang memang bikin dilema, antara tampilan cantik tapi lemot, sama loading cepat tapi tampilan standar 😀

    Kalau tema blogging mungkin bisa kali pakai template sederhana, tanpa dipenuhi banyak widget apalagi adsense.

    Tapi kalau tema beauty atau fashion, rasanya kurang cantik kalau pakai tema standart.
    Apalagi beberapa widget memang penting adanya.
    Demikian pula adsense 🙂

    Balas
  15. Utak atik blog itu menurut saya semacam sebuah seni. Bukan ilmu eksakta yang rumusnya sudah pasti. Karena beda theme, untuk tujuan yang sama, perlakuannya bisa beda banget. Keren, mba Amel, artikel kita bahasannya sama, bisa saling melengkapi 🙂

    Balas
  16. Belajar oprek blog sendiri lebih menyenangkan ketika berhasil ya Mbak, memang bisa sih pakai jasa tapi kan kita gak dapat ilmunya. Nice Mbak Amel..

    Balas
  17. Alhamdulillah mbak, sebelumnya saya ikut kelas Perempuan WP jadi tahu tips mempercepat load blog. Jadi hati2 pasang plug-in. Sudah bagus tapi yang mobile nya masih 80an. Saya bingung diapain biar naik nih

    Balas

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap