Resep Masakan: Warisan Masa Kini, Praktis dengan Aplikasi Yummy App

Aplikasi Resep Masakan Digital, Mudah dan Praktis!

Ibu saya mempunyai ‘harta’ kumpulan resep masakan dalam bentuk lembaran kertas. Sebagian besar adalah tulisan tangan sendiri. Nampaknya resep turun-temurun. Tapi sayangnya, meskipun setelah dimasak hasilnya enak, tampilan resepnya kurang menarik perhatian saya sebagai anak perempuan. Saya kurang bisa membayangkan langkah-langkah dan hasil jadinya, dengan hanya membaca tulisan resep semata.

Merapikan Kumpulan Resep Masakan

Setelah saya sudah bisa mencari uang sendiri, saya rajin membelikan ibu tabloid yang ada resep masakannya. Ibu kembali mengumpulkan resepnya. Akan tetapi, ternyata muncul masalah baru: Semakin banyak simpanan kertas resep masakan di dalam lemari. Yang bikin repot adalah, kalau kami butuh mencari resep masakan tertentu, kami tidak serta-merta bisa langsung menemukan resep yang kami cari tanpa membongkar bundelannya. Ribet, kan?

Saya dulu sempat mengetik beberapa resep tulisan tangan ibu memakai program Microsoft Word. Saya cari foto masakan yang serupa di internet dan pasang di halaman resepnya. Harapan saya, kalau judulnya representatif, mudah sekali memanggil resep yang disimpan dengan tombol search. Kenyataannya, sudah mengetiknya capek dan makan waktu, memanggil ulang resep mesti buka laptop. Saya stop, nggak kuat.

Menyimpan Resep Masakan di Gawai

Berlanjut ke era gawai dengan kecanggihan screen capture yang saya kira akan memudahkan pendokumentasian resep. Melihat resep masakan di internet-foto layar- masukkan dalam folder RESEP- dan siklus berulang. Eits, mana bagian masaknya? Nah, itu dia.

Begitu mudahnya mengambil foto layar dan menyimpan, tak terasa folder RESEP sudah ribuan foto isinya. Tanpa dieksekusi. Saat mau mencari resep yang diinginkan, membuka foto resep satu-persatu menjadi pekerjaan yang tidak ada ujungnya. Kapasitas penyimpanan gawai pun penuh. Tidak ada pilihan, delete all!

Aplikasi Resep Yummy App, Sang Pembebas Keribetan

Setelah insiden menghapus semua simpanan foto resep, untuk memasak kembali masakan yang baru 1-2 kali saya buat sebelumnya, saya harus mencari resepnya di laman pencarian. “Eh, kok, rasanya agak beda?” Tentu saja, karena sumber resepnya bisa jadi selalu berbeda. Saya lupa, resep sebelumnya ada di blog atau medsos siapa.

Hadirnya aplikasi resep masakan Yummy App bisa dibilang menjadi pencerahan untuk kaum pengumpul resep seperti saya. Seluruh simpanan resep tersimpan di aplikasi, dengan tampilan yang lebih menarik, dan menu pencarian yang praktis.

Mudahnya Membuat Akun di Aplikasi Resep Yummy App

Yummy App merupakan aplikasi di bawah naungan IDN Media yang berfokus pada makanan dan masakan. Seaya sangat terbantu dengan laman yang mudah digunakan. Saya tinggal meluncur ke kategori Cari Resep, lalu bisa pantau resep masakan yang saya mau.

Peluncuran aplikasi resep Yummy App sendiri baru dilakukan bulan Juli tahun 2019, jadi masih relatif baru, ya! Pencarian resep jadi lebih praktis bila menggunakan aplikasi resep masakan yang terpasang dalam gawai kita.

Petualangan Baru dengan Yummy App

Langkah awal petualangan baru saya dalam dunia masak-memasak kembali dimulai dari mengunduh aplikasi Yummy App di Google Play. Lalu kita diarahkan untuk membuat akun.

Aplikasi resep yummy

Pengaturan Akun

Setelah membuat akun, tahap selanjutnya adalah mengatur profil akun kita. Yang pertama tentu saja memasang foto. Selanjutnya isi biodata lain seperti nama pengguna, email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, lokasi, sampai ubah password.

Aplikasi resep yummy
Halaman Akun

Kode Referral Pada Halaman Akun

Pada halaman akun, terdapat tulisan kode referral armelzah-fauzi. Ini menjadi keunikan Yummy App dibanding aplikasi resep masakan yang beredar. Kode referral ini bisa digunakan untuk mendapatkan Yummy Point yang nantinya bisa dicairkan dalam rupiah.

Caranya gampang, tinggal klik Undang Teman, salin tautan untuk mengirimkannya ke kontak teman kita, atau dapat juga langsung dibagikan ke chat WhatsApp, Instagram, dan status Twitter. Berikut pesan yang akan diterima oleh teman kita:

referral aplikasi yummy app
Contoh pesan yang masuk dari tautan yang dibagikan ke chat

Pastikan teman kita memasang aplikasi Yummy App di ponselnya dan memasukkan kode referral kita saat mendaftar akun ya, supaya kita dan teman kita sama-sama mendapatkan manfaatnya. Yummy App menyediakan paket 100 Yummy Point setiap ada yang mendaftar dan memasukkan kode referral. Pencairan bisa dilakukan setelah mencapai 2500 Yummy Point, seru!

Resep Andalan yang Tidak Sembarangan

Setelah akun kita rampung, kita bisa mulai berselancar mencari inspirasi resep. Aplikasi Yummy App juga memberikan kita kesempatan berbagi resep andalan kita kepada seluruh anggota. Oh, ya, semua akun dipanggil sebagai Chef, lumayan menambah rasa pede 😄.

Beragam Model Pencarian Resep Masakan

Pencarian resep pada Yummy App bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalau benar-benar tidak ada clue, tinggal tengok isi dapur dan kulkas, lalu klik pilihan ‘Masak’, dan masukkan nama bahan sesuai huruf awalnya. Kalau sedang ingin dapat visualisasi yang lebih nampol, klik ‘Home’ saja, dan beraneka resep yang sedang trending, resep masakan daerah, resep ide jualan, resep rekomendasi, juga resep akun resmi dari chef terkenal dan produk terpercaya. Kalau saya malah lebih sering coba resep dari rekomendasi yang pop-up di notifikasi ponsel saya 😄. Bahkan tadi sore, notifikasi resep terbaru adalah resep untuk diet, keren banget, kan?

Mau cari resepnya secara lebih spesifik? Ketik saja di kolom Search! Resep-resep yang ada dapat kita filter berdasarkan jenis, tipe, durasi, budget, sampai kategori resep.

Bila kita sudah mendapatkan inspirasi resep, silakan ditandai sebagai favorit, supaya resep tersebut muncul dalam resep favorit di profil akun kita. Fitur ini sangat memudahkan saya untuk mencoba kembali resep yang sama, bila dirasa sudah pas dengan selera. Kita juga bisa ikuti akun pemilik resep di komunitas maupun chef kesayangan kita, supaya tidak ketinggalan resep terbaru mereka.

Resep Masakan Asal-Asalan? No Way!

Resep masakan ayam guling

Saya mencoba membuat resep ayam guling, penasaran bagaimana rasanya ayam yang diputar-putar di oven. Hasilnya ternyata memuaskan! Setelah mencoba resep yang ada, saya merasa ingin berbagi resep andalan saya juga. Saya gunakan fitur ‘Tulis Resep’, lalu mencoba memasukkan nama resep, deskripsi resep, bahan, dan cara memasak. Bila ada event tertentu resep kita bisa diikutkan pada event tersebut. Minimal ada lima langkah yang harus dituliskan pada cara memasak, dan harus disertai foto.

Saya sudah mencoba mengusulkan resep andalan saya. Saya berharap anak saya nggak pusing-pusing coba buat resep yang mirip rasa masakan mamanya. Saya harap, anak saya tidak menangis karena rindu masakan mamanya, akan tetapi bisa memadu rindu dengan resep mamanya yang dia buat ulang dengan rasa bahagia, seandainya saya tiada. Saya coba catatkan gulai cumi kesukaan papanya, dan gulai tempoyak makanan khas lezat tiada tara. Setelah menunggu beberapa hari, ternyata ada notifikasi bahwa resep saya harus direvisi 😅. Ternyata foto salah satu langkah kurang jelas. Nggak main-main ini kurasi dari tim Yummy App untuk melototin satu-persatu hasil karya pengirim resep. Pastinya resep yang lolos bukan resep sembarangan, bukan?

Resep masakan

Duh, saya nggak sabar untuk segera merevisi resep saya. Berharap resep ini bisa menjadi andalan juga bagi ibu-ibu lainnya, juga sebagai warisan untuk anak-anak saya. Warisan yang bisa diakses dimanapun, dengan tampilan yang menarik dan menggugah selera.

Sudah tertarik untuk mencoba? Pasti, dong! Jangan tunda lagi, mumpung di rumah, ayo kita berkreasi! Makan lezat, resep mantap, hanya di Yummy App! 😁

1 thought on “Resep Masakan: Warisan Masa Kini, Praktis dengan Aplikasi Yummy App”

Leave a Comment

Share via
Copy link
Powered by Social Snap