[Review] Kosmetik brand Focallure yang sudah pernah dicoba

Saya beli Focallure waktu masih gres baru keluar. Baru sempat review setelah sekian lama dipakai, supaya lebih meresapi apa yang mau diceritakan di sini. Saya beli Focallure online di Shopee, dikirim langsung dari negara produsennya: China. Harganya ampun murah banget-nget-nget. Tapi kalau lihat review yang belanja di sana barangnya asli dan harganya emang segitu. Mungkin karena pajak dan ongkir jadi mahal ketika dijual oleh reseller resmi Indo. Saya beli banyak hampir seluruh lini make up standar, sayangnya bedak tidak dikirim, jadi saya tidak bisa review. Saya males mau urus pengembalian uang, soalnya pusingnya nggak sebanding harganya. Nah, ini dia produk Focallure yang saya sudah coba:

Lipstick dan lipcream

Mustahil kalau saya tidak beli pewarna bibir, nyicip dikit ah. Saya coba beli lipstick matte yang no 1, warnanya merah apel, mirip dengan PAC shade Ripe Apple. Begitu miripnya, sehingga sempat saya menyesal membeli shade warna ini karena sudah ada warna itu dari produk PAC. Sampai saya coba memakainya, bertambah penyesalan saya pernah membelinya. Menurut saya, baunya kurang enak, di bibir kurang nyaman. Soal ketahanan biasa aja. Warna bagus sih.

Terus saya coba lipcream yang coklat muda gitu. Ekspektasinya nude, ternyata di bibir gelap kayak cewek perokok. Okelah nggak papa mungkin masih bisa di ombre kan ya. Dia emang matte banget dan tahan lama, tapi suatu saat daya tahannya habis, dia pecah-pecah jadi plastik kecil-kecil gitu. Nggak banget, sepanjang jalan kayak ngerasa makan plastik. Nggak mau lagi, nggak cocok sorry. Mungkin shade yang lain lebih enak ya, tapi trauma udah. Ini pengalaman saya ya, bisa jadi beda sama yang lain.

Foundation

saya pakai nomor 1 dan 2 dicampur

Ini dia foundie yang lumayan coverage, hasil matte. Bagus, worth it. Untuk kulit kering mungkin tambahin oil ya buat campuran kalau mau dewy. Sebenarnya shade nggak ada yang masuk. No 1 bikin abu-abu, no 2 terlalu kuning-sawo. Dicampurkanlah no 1 dan 2 lumayan masuk. Tahan lama, harga murah. Kemasan pump lebih higienis.

Concealer

Saya punya nomor 1 dan 2. Harapannya sih bisa pakai no 2, tapi ternyata kurang terang. Saya lego deh. Coba nomor 1 eh kurang terang juga. Mirip sama foundie. Ya udahlah ya daripada nggak kepake. Kualitas standar, agak mudah geser. Untuk kemampuan menutupi mata panda saya nggak bisa tes berhubung mata nggak panda. Lumayan lah, murah meriah.

Contour

shade brown

Jujur aja, begitu barangnya datang langsung nyesel karena nampaknya salah warna. Mestinya pilih yang Coffe, karena ini coklatnya agak merah. Agak kurang natural buat kontur muka saya yang warnanya kuning-olive gini. Tapi dia lumayan bagus ya, tahan lama. Dipake setelah foundie, dibaur enaknya dengan blender daripada kuas karena dia kental banget.

Blusher & Highlighter

Swatch dari bawah ke atas: blush on-highlighter kanan-highlighter tengah

Ada tiga pilihan, saya pilih nomor 2 karena sepertinya warna highlighter-nya yang paling masuk warna kulit. Senangnya pilihan saya tepat, highlighter yang di tengah tidak terlalu pink, tidak terlalu coklat, tidak terlalu silver. Pas deh. Natural bisa, blinding bisa walau nggak wah banget yak. Warna highlighter yang di kanan terlalu coklat, dan sesegera mungkin saya congkel untuk diberikan pada orang lain. Blusher-nya lumayan pigmented, halus, orange-cokelat, untuk riasan mata bold atau tampilan natural.

Eye shadow powder

eye shadow seri everchanging

Untuk pemakaian sehari-hari bagus ya. Warna matte keluar tipis, cuma warna putihnya nggak keluar, mungkin dipakai untuk campuran warna gelap. Belum pernah coba sih, karena pada dasarnya nggak ada warna yang terlalu gelap. Bahkan warna coklat tua itu basenya merah ungu, nggak murni coklat. Yg Shimmer buttery ya konsistensinya, keluar juga tipis, tapi bisa di-build, lumayan. Mungkin butuh eye shadow base supaya warnanya muncul, atau bisa pakai concealer, tapi tetap nggak terang banget. Yang paling keluar itu cuma warna orange dan merah untuk matte, kalo yg shimmer keluar semua warnanya. Kesimpulannya, untuk sehari-hari lumayan, untuk pesta siang oke, untuk pesta malam atau yang butuh superglam, no.

Eye shadow stick dan eye liner glitter

Eye shadow meluncur licin, tapi nggak set lama ditunggu. Kesenggol ilang, kena lipatan mata saling nempel. Coba pakai yang ash untuk smokey eyes malah jadi panda sebenar-benarnya. Mungkin saya yang nggak ngerti cara pakainya. Kalau yang glitter ternyata tidak homogen antara caitan dan glitter-nya, jadi harus dikocok-aduk dulu kalau mau dapet gliternya. Lumayan bagus, nggak terlalu jreng.

Kesimpulan akhir Focallure; repurchase? no. Coba produk lain dari merek ini? Mungkin ya, mungkin nggak.

Tinggalkan komentar

Share via
Copy link
Powered by Social Snap